Powered by Blogger.
RSS

Diabetes, Diet dan Solusi Hidup Sehat

Gula Aren, solusi hidup sehat

Menderita penyakit gula atau yang biasa dikenal dengan diabetes merupakan hal yang dihindari oleh semua orang. Faktor yang menjadi penyebab diabetes antara lain: Ada anggota keluarga yang menderita diabetes, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, pola makan yang tidak seimbang yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan mengandung kadar gula yang tinggi, obesitas, dll. 

Diet merupakan langkah utama yang danjurkan bagi penderita penyakit diabetes. Diet bukan hanya mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk karena obesitas, tetapi juga mengontrol kalori dan kadar gula darah dalam tubuh. 

Beberapa makanan yang dihindari oleh penderita penyakit diabetes atau yang memiliki riwayat anggota keluarga terkena diabetes diantaranya sumber karbohidrat tinggi seperti nasi putih, makanan yang memiliki kolestrol tinggi seperti gorengan, jenis makanan yang terbuat dari tepung gandum dan tepung beras seperti mie, roti dan pasta, minuman yang mengandung kafein dan alkohol, serta makanan dan minuman manis lainnya. 

Untuk Anda yang tidak bisa dipisahkan dari makanan dan minuman manis tentu saja merasa sangat kesulitan ketika harus berdiet dengan gula. Pemanis buatan yang beredar di pasaran sering kali dijadikan solusi untuk menggantikan gula pasir, meskipun pemanis buatan tidak menaikan gula darah tetapi penggunaannya memiliki efek samping dapat merusak syaraf. Menurut H. J. Roberts, M.D., efek samping pemanis buatan bisa sangat fatal, yaitu kejang-kejang dan kematian. Efek lainnya yaitu: sakit kepala/migrain, pusing, sakit persendian, mual, mati rasa, kejang otot, kegemukan, gatal-gatal, depresi, kelelahan, lekas marah, tachycardia, insomnia, kebutaan, ketulian, jantung berdebar, sesak nafas, kecemasan, gangguan berbicara, kehilangan indra pengecap, telinga berdengung, vertigo, dan lupa ingatan. Jadi diperlukan pemanis lain yang lebih aman dibandingkan pemanis buatan.

Pemanis Alami untuk Penderita Diabetes

Pemanis alternatif yang aman adalah gula aren. Gula aren memiliki empat keunggulan.

1. Sebagai pemanis alami yang aman rasanya tentu saja manis dan lezat, pas dengan lidah orang Asia dan Indonesia. 

2. Gula aren memiliki Indeks Glisemik (IG) yang sangat rendah yaitu IG 35, Indeks Glisemik yang rendah menunjukan penyerapan glukosa berlangsung lambat sehingga pankreas tak perlu kerja keras lagi. Selain itu IG yang rendah membuat glukosa diserap secara perlahan yang berarti juga energi tercipta secara perlahan sehingga tubuh bugar lebih lama.

3. Selama proses pembuatan gula aren, tak ada sedikitpun bahan kimia yang ditambahkan, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. 

4. Gula aren banyak mengandung unsur farmakologi yang bermanfaat seperti Riboflavin, Thiamin, Niacin, Ascorbic Acid, Kalsium dan lain-lain. Riboflavin membantu pembentukan antibodi, membantu terbentuknya energi, memperbaiki kerusakan sel saat proses produksi energi, dan memperbaiki jaringan sistem pencernaan. Thiamin berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi , membantu tubuh menggunakan protein, serta memperkuat sistem syaraf. Niacin berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme glukosa, lemak dan alkohol. Selain itu Niacin juga meningkatkan fungsi kerja otak dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Ascorbis Acid memiliki fungsi antibiotik, mencegah asma dan dapat mencegah kanker. 

Jadi jika Anda ingin terhindar dari penyakit diabetes, mulailah pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, menjaga pola makan, hindari alkohol, kafein serta makanan dan minuman yang mengandung gula. Jika Anda ingin tetap menikmati manis tanpa takut dengan resiko diabetes, pakailah gula aren. Gula aren adalah solusi hidup sehat yang nikmat dan lezat.

Kami menjual gula aren semut yang murni 100% nira aren, berkualitas tinggi, dan bersih. Kami melayani pembelian grosir dan eceran.
Email : gulaarensemut@gmail.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment